Lompat ke konten
Home » News » Tak Berkategori » Hari Lapang Tani Kakao

Hari Lapang Tani Kakao

Hari Lapang Tani atau Farmer Field Day Kembali diadakan setelah sekian lama akibat Pandemi Covid19. Bertempat di Kebun Kakao H. Lamang Desa Ujung Matajang, Kamis tanggal 23 Desember 2021. Puluhan petani kakao berkumpul dari berbagai perwakilan Desa untuk melihat dan mendengarkan hasil pertunjukan Kebun Kakao Demoplot Peningkatan Produksi dan Pengendalian Hama PBK dan Busuk Buah yang diinisiasi oleh Rainforest Alliance melalui Program Traksi (Tranformasi Kakao melalui Peningkatan Nilai tambah) bersama mitra Koperasi Multi Jasa Tani – Simultan dan Pemerintah Daerah Luwu Utara.  

Hasrun Hafid selaku manajer Cocoa Rainforest Alliance mengutarakan Bahwa “Kakao Luwu Utara juga mengalami dampak penurunan produksi yang dimana ini menunjukkan kebun kakao kita punya masalah yang serius, banyak petani yang mau menebang kakao nya karena tanah kita makin miskin hara serta hama penyakit yang sulit ditangani petani. Hasil uji tanah di kebun demoplot  ini memperlihatkan C/N Rasio hanya 12,5%, sementara idealnya adalah 15% dan Carbon Organik dan pH yang rendah.  Olehnya itu melalui kesempatan pada Demoplot ini, kita telah melakukan intervensi perbaikan Kesehatan tanah dan pemenuhan nutrisi tanaman serta mendemonstrasikan praktek perkebunan kakao yang baik. Kesempatan ini digunakan untuk mengundang petani disekitar demoplot dan para pihak seperti penyedia teknologi produk kakao untuk bisa diaplikasikan disini, Lembaga keuangan dan Bank, serta penyuluh pertanian dan Dinas P2UKM”. 

H. Lamang (54)  selaku pemilik kebun dari Kelompok Tani Buah Harapan Desa Ujung Mattajang Kec. Mappedeceng bersyukur kebunnya telah berubah setelah mendapat pendampingan. “Saya bersyukur kebun ini sudah bagus Kembali, sebelumnya sedikit sekali buah yang dipanen karena banyak busuk buah dan buah keras serta serangan hama tikus. Setelah beberapa kali menerapkan, teknologi Agrodykye, sekarang  banyak Bunga yang bermunculan dan sisa buah terserang PBK masih bisa saya panen dan tidak keras lagi (mudah dipisahkan biji kakaonya). Begitu juga saya lihat pada buah hitam, kulitnya memang hitam, tapi biji didalamnya masih bagus dan masih bisa dijual.., Ujar H. Lawang  

Baca Juga  Perlunya Dukungan Peremajaan Kakao Rakyat
Pembukaan Hari Lapang Tani
Hari Lapang Tani Kakao di Desa Ujung Matajang Kecamatan Mappedeceng Kab. Luwu Utara
Pengambilan Sampel Buah
Buah terserang PBK, tetapi Biji tidak lengket dan dapat di ambil
Tablea, Kakao Olahan Koperasi
Koperasi Multi Jasa Tani menyerahkan Produk Olahan Kakao Tablea Kepada sekertaris Dinas P2UKM
Previous
Next

Acara Farmer Field Day ini Seyogyanya di Buka oleh Ibu Bupati, Namun karena agenda yang tidak kalah pentingnya sehingga di wakilkan dan acara Hari lapang tani di Buka oleh Kepala Bappelitbanda Ir. Alauddin Syukri, M.Si. Dalam sambutannya, “kami mengucapkan terima kasih atas pendampingan di Kabupaten Luwu Utara, hasil demonstrasi teknologi pada kebun demoplot ini kita lihat bahwa tanah kita bermasalah, tentu perlu perlakuan lebih dengan penambahan bahan organik. Sekarang kita lihat disini, banyak bunga dan buah di batang, bukan lagi diatas atau di tangkai ujung. Ini adalah hasil inovasi yang baik dan perlu disebarluaskan dan semoga bisa ditindaklanjuti dilokasi yang lain di Luwu Utara”. 

Kegiatan Hari Lapang tani juga diwarnai dengan kegiatan pemetikan buah hasil demoplot yang dilakukan lansung oleh Kepala Bapelitbanda dan terlihat buah yang dipanen walaupun terserang PBK namun biji tetap baik dan tidak lengket. Selain itu juga ada hasil olahan biji kakao fermentasi dari kelompok tani binaan Koperasi Simultan yang telah berhasil membuat kakao fermentasi, coklat olahan dan minuman dari hasil kebun petani selama didampingi dalam program Traksi di tahun pertama ini. Ponari sebagai Ketua Koperasi Simultan, menuturkan “bahwa di tahun pertama sebagai mitra Rainforest Alliance telah melatih petani sebanyak 340 untuk bisa membuat kakao fermentasi sehingga nantinya bisa dijual ke Pasar Kakao Premium. 

Baca Juga  Perlunya Dukungan Peremajaan Kakao Rakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.