Home » Knowledge Base » Pemangkasan Pada Tanaman Kakao

Pemangkasan Pada Tanaman Kakao

Pemangkasan bentuk yang sekaligus mengurangi kelembaban dan memberikan sinar matahari yang cukup.

Pangkasan adalah kegiatan pemotongan/pembuangan bagian tanaman yang berupa cabang, ranting dan daun yang tidak diinginkan.  Khusus untuk tanaman yang terserang penyakit seperti VSD pemangkasan bertujuan untuk memtong bagian tanaman yang terinfeksi supaya tidak menyebar, namun setelah itu hendaknya melakukan pemupukan sehingga nantinya akan memacu pertumbuhan tunas-tunas tanaman yang baru dan sehat, sehingga dengan daun-daun yang sehat akan membantu proses tarnsportasi makanan dari daun ke akar dan seluruh jaringan tanaman sehingga  akan memicu timbulnya bunga. 

Ingat pula bahwa satu hal yang penting dalam melakukan pemangkasan adalah harus menggunakan alat yang tajam dan bersih seperti gunting gala, gergaji, gunting tangan, karena  dengan menggunakan alat seperti itu akan sangat membantu dalam penghematan waktu dan tenaga kerja juga memperbaiki cara pemangkasan, karena salah pemangakasan akan menyebabkan pengelupasan kulit, pengrusakan bantalan buah yang berakibat pada rusaknya jaringan tanaman.

© PNG Cocoa and Coconut Institute 2017.

Perhatikan ini sebelum Memangkas

Perhatikan ini sebelum Memangkas

Hal yang perlu menjadi perhatian pada saat akan melakukan pemangkasan pada    tanaman kakao:

  1. Perhatikan arah sumber makanan (sekunder, tersier atau kwarter), hindari memotong cabang sekunder
  2. Perhatikan kerapatan cabang (untuk mengatur dudukan buah)
  3. Senantiasa perhatikan besar kecilnya cabang ( tidak memotong cabang diatas 1,5  cm)
  4. Perhatikan dudukan cabang hindari memotong cabang yang tumbuh horizontal
  5. Upayakan 60 cm dari jorket area yang bebas dari cabang atau wiwilan sebagai dudukan buah dan aersi udara
  6. Jangan melakukan pemotongan ujung tanaman pada saat tanaman sedang berbuah.

Lakukan pemangkasan pada  cabang  cabang  yang tumbuh  rendah tidak mendapat sinar matahari . Pemangkasan  pada  tanaman kakao usaha  meningkatkan produksi  dan  mempertahankan umur   ekonomis  tanaman.  Dengan  melakukan  pemangkasan, akan  mencegah     serangan  hama PBK  dan   penyakit,  membentuk tajuk   pohon,  memelihara  tanaman,  dan  memacu  produksi 

Baca Juga

Pemangkasan bentuk yang sekaligus mengurangi kelembaban dan memberikan sinar matahari yang cukup. Lakukan Pemangkasan pada saat selesai panen sebelum muncul flush. cara kendalikan hama dengan sanitasi, pemangkasan, membenam kulit buah, memanen satu minggu sekali, kondomisasi, serta dengan cara hayati/biologi.

Sisa pangkasan juga sebagai bahan pupuk dasar, dapat melektakkan pada lubang rorak tempat menumpuk seperti sisa pangkasan, menambahkan daun gamal, cacahan batang pisang, dan kulit buah kakao. hasil penelitian bahwa pembenahan kulit buah kakao sebanyak 1.990 kg per ha per tahun daun gliricida yang jatuh memberikan hara nitrogen sebesar 40,8 kg per ha, kalium 25 kg per ha, dan magensium 9,1 kg per ha. Kulit buah kakao sebagai zat organik( by HH, Sri,SA)

Apakah Anda terbantu dengan artikel dan tulisan ini ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *